THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Rabu, 29 September 2010

Desain Permodelan Grafis

Hai, bertemu lagi dengan saya. setelah sekian lama saya vakum (padahal cuma beberapa bulan) akhirnya kita bisa ketemu lagi. Oke, kali ini saya akan membahas apa itu "Desain Permodelan Grafis". Sebenernya ini pertama kalinya saya berkutat di permasalahan desain grafis, jadi mohon maklum klo ada sedikit kesalahan ya


oke, pertama-tama kita tanya para ahli apa itu Desain permodelan Grafis;
Menurut Suyanto desain permodelan grafis didefinisikan sebagai ” aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri“. Aplikasi-aplikasi ini dapat meliputi periklanan dan penjualan produk, menciptakan identitas visual untuk institusi, produk dan perusahaan, dan lingkungan grafis, desain informasi, dan secara visual menyempurnakan pesan dalam publikasi.
Sedangkan Jessica Helfand dalam situs http://www.aiga.com/ mendefinisikan desain permodelan grafis sebagai kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-eleman ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat.
Menurut Danton Sihombing desain permodelan grafis mempekerjakan berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar baik dengan teknik fotografi ataupun ilustrasi. Elemen-elemen tersebut diterapkan dalam dua fungsi, sebagai perangkat visual dan perangkat komunikasi.
Warren dalam Suyanto memaknai desain permodelan grafis sebagai suatu terjemahan dari ide dan tempat ke dalam beberapa jenis urutan yang struktural dan visual.
Sedangkan Blanchard mendefinisikan desain permodelan grafis sebagai suatu seni komunikatif yang berhubungan dengan industri, seni dan proses dalam menghasilkan gambaran visual pada segala permukaan.
sepertinya sudah cukup kita bertanya pada para ahlinya ya...


Nah, sekarang saatnya saya menyampaikan pendapat saya sendiri mengenai apa itu Desain Permodelan Grafis. Apakah anda sudah siap? baiklah ini adalah pendapat saya:
Desain Permodelan Grafik adalah tata cara menbuat / merancang sebuah gambar baik itu 2D atau 3D yang dimulai dari sebuah titik lalu garis dan garis melengkung yang dibentuk sedemikian hingga sehingga menjadi sebuah objek atau grafik yang bisa bergerak seperti keinginan kita.


Nah, sekian sekilas tentang apa itu Desian Permodelan Grafis semoga bisa menambah sedikit informasi buat kalian ya. Selamat bertemu di kesempatan berikutnya

0 komentar: