THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Kamis, 30 September 2010

Konsep Dasar Komunikasi Data

Halo...Bertemu lagi dengan saya. Pada kesempatan kali ini saya akan memcoba membahas tentang Konsep dasar dari komunikasi data. Baik tanpa basa basi lagi kita langsung masuk ke materi.


Pertanyaan yg pertama kali muncul dikepala saya adalah apa sih komunikasi data itu ? Nah, Komunikasi data itu adalah pengiriman data menggunakan transmisi elektronik dari terminal satu ke terminal lain. Hah ?!? Terminal ? Eits, jangan ngawur dulu. Yang dimaksud dengan terminal disini adalah printer, monitor PC, keyboard, plotter, scanner, dll. Trus elemen-elemen apa aja sih yag diperlukan untuk komunikasi data ? Elemen-elemen komunikasi data ada 3 yaitu:
1. Sumber Data
2. Media Transmisi
3. Penerima Data



Sekarang akan kita kupas masing-masing dari ketiga elemen ini.

1. Sumber data
Sumber data adalah elemen yang bertugas mengirimkan informasi / data, contohnya; telepon, fax, terminal dll. Sumber Data dilengkapi oleh Transmitter. Output Transmitter pada Sumber Data : pulsa listrik, gelombang elektromagnetik, pulsa digital. Contoh Transmitter : modem


2. Media Transmisi
Media Transmisi adalah media yang digunakan untuk mengirimkan data dari sumber data ke penerima data. Media Transmisi terdiri dari 2 katagori / jenis : media transmisi fisik dan media transmisi non fisik.
•Media Transmisi Fisik, contoh : kawat tembaga, kabel coaxial, kabel serat optic.
•Media Transmisi Non Fisik, contoh : gelombang elektromagnetik.

3. Penerima Data
Penerima Data adalah elemen yang bertugas menerima informasi / data, contoh ; telepon, fax, terminal dll. Penerima Data dilengkapi oleh Receiver.
Lalu, bila ketiga elemen tersebut dijabarkan labih jauh akan tampak seperti di bawah



->Switched Network
Switched Network adalah sebuah alat jaringan yang melakukan bridging transparan (penghubung segementasi banyak jaringan dengan forwarding berdasarkan alamat MAC).Switch jaringan dapat digunakan sebagai penghubung komputer atau router pada satu area yang terbatas, switch juga bekerja pada lapisan data link, cara kerja switch hampir sama seperti bridge, tetapi switch memiliki sejumlah port sehingga sering dinamakan multi-port bridge.



Switch dapat dikatakan sebagai multi-port bridge karena mempunyai collision domain dan broadcast domain tersendiri, dapat mengatur lalu lintas paket yang melalui switch jaringan. Cara menghubungkan komputer ke switch sangat mirip dengan cara menghubungkan komputer atau router ke hub. Switch dapat digunakan langsung untuk menggantikan hub yang sudah terpasang pada jaringan.

->Broadcast Network
Broadcast Network adalah jaringan untuk komputer yang dapat mengirimkan "paket" ke semua mesin di dalam jaringan. Broadcast Network biasanya digunakan oleh sebuah stasiun TV untuk mengirimkan siaran langsung maupun yang sudah direkam sebelumnya, seperti Film, Berita, Pertandingan Olahraga, dll.



Itulah sedikit mengenai konsep komunikasi data, semoga artikel yang saya sajikan dapat bermanfaat buat kita semua. Sekian artikel dari saya, dan selamat berjumpa di pertemuan selanjutnya ya...

Rabu, 29 September 2010

Desain Permodelan Grafis

Hai, bertemu lagi dengan saya. setelah sekian lama saya vakum (padahal cuma beberapa bulan) akhirnya kita bisa ketemu lagi. Oke, kali ini saya akan membahas apa itu "Desain Permodelan Grafis". Sebenernya ini pertama kalinya saya berkutat di permasalahan desain grafis, jadi mohon maklum klo ada sedikit kesalahan ya


oke, pertama-tama kita tanya para ahli apa itu Desain permodelan Grafis;
Menurut Suyanto desain permodelan grafis didefinisikan sebagai ” aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri“. Aplikasi-aplikasi ini dapat meliputi periklanan dan penjualan produk, menciptakan identitas visual untuk institusi, produk dan perusahaan, dan lingkungan grafis, desain informasi, dan secara visual menyempurnakan pesan dalam publikasi.
Sedangkan Jessica Helfand dalam situs http://www.aiga.com/ mendefinisikan desain permodelan grafis sebagai kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-eleman ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat.
Menurut Danton Sihombing desain permodelan grafis mempekerjakan berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar baik dengan teknik fotografi ataupun ilustrasi. Elemen-elemen tersebut diterapkan dalam dua fungsi, sebagai perangkat visual dan perangkat komunikasi.
Warren dalam Suyanto memaknai desain permodelan grafis sebagai suatu terjemahan dari ide dan tempat ke dalam beberapa jenis urutan yang struktural dan visual.
Sedangkan Blanchard mendefinisikan desain permodelan grafis sebagai suatu seni komunikatif yang berhubungan dengan industri, seni dan proses dalam menghasilkan gambaran visual pada segala permukaan.
sepertinya sudah cukup kita bertanya pada para ahlinya ya...


Nah, sekarang saatnya saya menyampaikan pendapat saya sendiri mengenai apa itu Desain Permodelan Grafis. Apakah anda sudah siap? baiklah ini adalah pendapat saya:
Desain Permodelan Grafik adalah tata cara menbuat / merancang sebuah gambar baik itu 2D atau 3D yang dimulai dari sebuah titik lalu garis dan garis melengkung yang dibentuk sedemikian hingga sehingga menjadi sebuah objek atau grafik yang bisa bergerak seperti keinginan kita.


Nah, sekian sekilas tentang apa itu Desian Permodelan Grafis semoga bisa menambah sedikit informasi buat kalian ya. Selamat bertemu di kesempatan berikutnya