THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Selasa, 19 Januari 2010

Spontaneous Human Combustion

Pada artikel saya yang lalu saya pernah membahas sebuah artikel tentang SHC. Namun kurang lengkap. Nah, pada kesempatan ini saya akan coba paparkan apa itu Spontaneous Human Combustion atau disingkat SHC.


SHC adalah nama yang digunakan untuk mendeskripsikan kasus terbakarnya tubuh manusia secara spontan (Tanpa Sebab). Banyak spekulasi berkembang mengenai SHC. beberapa menyebutnya unik dan merupakan sebuah fenomena yang tidak bisa dijelaskan. Sementara sebagian berpendapat bahwa SHC dapat dijelaskan secara ilmiah. Terdapat sekitar 200 kasus SHC di seluruh dunia dalam periode 300 tahun terakhir. Namun, pada kebanyakan kasus yang dilaporkan, terdapat kekurangan dalam hal investigasi menyeluruh, atau hanya bergantung kpd keterangan saksi saja. Dan belakangan ini dimana telah tersedianya bukti fotografik semakin menunjukan bahwa disekitar korban terdapat sumber panas dan tak ada yang terjadi secara "Spontan".


Ada banyak hipotesa tentang kasus SHC ini. Mereka terbagi menjadi 3 kelompok:
1. Penjelasan Supranatural. Contoh: disebabkan oleh makhluk halus atau alien.
2. Penjelasan Secara Ilmiah dimana di dalamnya terdapat fenomena yang blom diteliti. Contoh: Peningkatan kadar gas yang tidak normal, atau meningkatnya kadar alkohol dalam darah yang menyebabkan terbakarnya tubuh secara spontan.
3. Penjelasan yang masuk akal (Natural cause)yang menyebabkan tubuh terbakar. Contoh: Sang korban menjatuhkan rokok.

Pertentangan terjadi pada penjelasan yang masuk akal (Natural cause) dikarenakan di hampir setiap kasus, tubuh korban terbakar seluruhnya dan hal itu tidak mungkin disebabkan hanya oleh sepuntung rokok. Tapi sebagian besar korban SHC hanya membakar bagian pinggang keatas, dan tidak pernah membakar kaki.

Presentase korban selamat dari kasus SHC ini sangat kecil. Kebanyakan kasus melibatkan Letupan api atau asap secara tiba-tiba disekitar tubuh korban ketika disekitarnya tidak terdapat sumber api. Kasus ini dikategorikan sebagai "Pembakaran Misterius".

Beberapa Penjelasan Mengenai SHC.

1. Efek Sumbu

Efek sumbu adalah nama yang diberikan pada kasus pembakaran tubuh sebagian, ketika pakaian korban basah kuyup dan bercampur dengan lemak manusia baju itu akan bertindak ibarat Sumbu pada lilin yang mudah terbakar. Fenomena efek sumbu terbukti terjadi pada kondisi tertentu, dan telah diteliti secara menyeluruh. efek sumbu secara teori mengatakna bahwa sang korban terbakar dikarenakan lemak tubuhnya sendiri sebelum disulut dari luar tubuhnya secara tidak sengaja

2. Induksi Diri

Rokok sering diimplikasikan sebagai sebab dari teori Induksi Diri. Biasanya sang korban sendirian pada saat kematiannya, dan diduga penyebab kematian korban seperti serangan jantung yang menyebabkan sang korban mati dan secara tidak sengaja menjatuhkan rokoknya dan membakan dirinya. Namun, Beberapa dari korban Tercatat bukan seorang perokok.
Teori Induksi diri lainnya adalah sang korban merupakan seorang pemabuk, dan sedang merokok ketika dia mabuk. ada penjelasan tentang meningkatnya kada alkohol dalam darah manusia sampai pada satu titik yang dapat memicu kebakaran; Tapi penjelasan ini tidak mungkin karena alkohol dapat memicu api bila menyampai kadar 23%, sementara batas normal kadar alkohol dalam tubuh manusia adalah 1%. Yang berarti bahwa orang itu harus banyak sekali minum alkohol untuk mencapai kadar alkohol 20%

Wuih...ternyata ada kasus kayak gitu ya. gw jg pernah denger (entah gw sebut ini penyakit atau berkah yang diberikan Tuhan) tentang Kasus "Mata Panas" / "Mata Api".
Jadi sang korban memiliki kekuatan untuk menimbulkan api. Benda Apapun yang ia lihat dan penglihatannya itu diikuti oleh suatu perasaan yang kuat, Benda tersebut akan terbakar...SEREMM BGT...!!!

*Budayakan Komen setelah membaca Artikel orang*

0 komentar: